Seperti
sebelumnya, saya akan membagikan hasil perkuliahan Manajemen Pemasaran
Jasa
Pendidikan yang dilaksanakan pada tanggal 11 Maret 2014 bertempat di gedung
IDB I lantai 6 ruang 603, pukul 11.30 s/d selesai.
Pada
kesempatan kali ini, dosen saya, Pak Amril Muhammad menerangkan
mengenai MARKETING MIX. Berikut resume perkuliahannya yang saya
pahami:
MARKETING
MIX
Merupakan
alat yang tersedia bagi sebuah perusahaan untuk meningkatkan reaksi yang dicari
dari target pasar dalam relasi tujuan pemasarannya.
4Ps
tradisional diperluas untuk mencakup pertumbuhan layanan industri.
7Ps
Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Environment.
1.
Product
Aktual item yang konsumen beli,
termasuk kemasan, gambar, jaminan dan after-sales service.
Product:
design, technology, usefulness, convenience, value, quality, packaging,
branding, accesories, warranties.
Brand
·
Produk
memiliki sebuah “personality”
·
Langsung dikenali dari logo, kemasan, rasa, iklan dan fitur lainnya.
·
Diyakini sebagai jaminan kualitas.
·
Beberapa merek memiliki
"nilai sombong"
·
Biasanya harga
lebih tinggi.
2.
Price
Jumlah tertentu yang disediakan oleh
konsumen untuk membayar suatu barang.
Menentukan
Harga:
·
Harga rendah akan menarik penjualan.
ini memungkinkan untuk menjual dalam jumlah
besar dengan biaya rata-rata
rendah.
·
Harga rata-rata akan berarti Anda
harus bersaing dengan pesaing
Anda.
·
Harga tinggi dapat berubah.
Teknik pricing:
·
berdasarkan waktu
·
cost plus
·
start up atau harga penetrasi
·
dari bagian
atas skimming harga
·
perusak
·
berorientasi pasar
3.
Place
Proses bagaimana suatu produk bisa diperoleh
konsumen dari pabrik sampai tempat penjualan. Terdiri atas retail, wholesale, mail order, internet, peer to peer, direct sales,
and multi-channel.
Market
place: shop, cash and carry, market stall, tv-shopping channel, internet,
factory shop, mail order,
direct sales.
Channel
of distribution:
·
Manufacturing
·
Whole
sale
·
Retailer
·
Consumer
·
Manufakturer
4. Promotion
Bagaimana
membuat konsumen terpengaruh terhadap produk atau jasa atau strategi untuk membuat konsumen menyadari
keberadaan suatu produk atau jasa.
Terdiri
atas: special offers, endorsement, user
trials, advertising, direct mailing, leaflets/posters, free gift, competitors,
join venture.
Tujuan
Promosi
·
Informing,
yaitu memberitahukan informasi selengkap-lengkapnya kepada calon pembeli
tentang barang yang ditawarkan, siapa penjualnya, siapa pembuatnya, dimana
memperolehnya, harganya dan sebagainya.
·
Persuading
yaitu membujuk calon konsumen agar mau mebeli barang atau jasa yang ditawarkan.
·
Reminding
yaitu mengingatkan konsumen tentang adanya barang tertentu, yang dibuat dan
dijual perusahaan tertentu, ditempat tertentu dengan harga yang tertentu pula.
Media
·
Tv
·
Koran
·
Majalah
·
Radio
·
Cinema
·
Outdoor media (billboards, sports
hoarding, bus shelters).
·
Internet
·
Direct mail
·
Personal selling
·
Trade fairs
Sekian
hasil perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan, semoga dapat
bermanfaat bagi pembaca dan jadi pembelajaran bagi saya.
Topik bahasan ini akan dilanjutkan minggu depan. ditunggu ya :)
Terima kasih. Wassalamu'ailukum... ^^
Dewi Ariani Wahyuningrum
1445121190
Manajemen Pendidikan 2012 B
Tidak ada komentar:
Posting Komentar