Halaman

Senin, 17 Maret 2014

Resume Perkuliahan 6 MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN

Assalamu'alaikum
Seperti sebelumnya, saya akan membagikan hasil perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan yang dilaksanakan pada tanggal 11 Maret 2014 bertempat di gedung IDB I lantai 6 ruang 603, pukul 11.30 s/d selesai.
Pada kesempatan kali ini, dosen saya, Pak Amril Muhammad menerangkan mengenai MARKETING MIX. Berikut resume perkuliahannya yang saya pahami:
 
 
MARKETING MIX


Merupakan alat yang tersedia bagi sebuah perusahaan untuk meningkatkan reaksi yang dicari dari target pasar dalam relasi tujuan pemasarannya.

4Ps tradisional diperluas untuk mencakup pertumbuhan layanan industri.

7Ps Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Environment.

1.      Product

Aktual item yang konsumen beli, termasuk kemasan, gambar, jaminan dan after-sales service.

Product: design, technology, usefulness, convenience, value, quality, packaging, branding, accesories, warranties.



Brand

·         Produk memiliki sebuah “personality

·         Langsung dikenali dari logo, kemasan, rasa, iklan dan fitur lainnya.

·         Diyakini sebagai jaminan kualitas.

·         Beberapa merek memiliki "nilai sombong"

·         Biasanya harga lebih tinggi.

2.      Price

Jumlah tertentu yang disediakan oleh konsumen untuk membayar suatu barang.



Menentukan Harga:

·         Harga rendah akan menarik penjualan. ini memungkinkan untuk menjual dalam jumlah besar dengan biaya rata-rata rendah.

·         Harga rata-rata akan berarti Anda harus bersaing dengan pesaing Anda.

·         Harga tinggi dapat berubah.

Teknik pricing:

·         berdasarkan waktu

·         cost plus

·         start up atau harga penetrasi

·         dari bagian atas skimming harga

·         perusak

·         berorientasi pasar

3.      Place

Proses bagaimana suatu produk bisa diperoleh konsumen dari pabrik sampai tempat penjualan. Terdiri atas retail, wholesale, mail order, internet, peer to peer, direct sales, and multi-channel.

Market place: shop, cash and carry, market stall, tv-shopping channel, internet, factory shop, mail order, direct sales.

Channel of distribution:

·         Manufacturing

·         Whole sale

·         Retailer

·         Consumer

·         Manufakturer

4.      Promotion

Bagaimana membuat konsumen terpengaruh terhadap produk atau jasa atau strategi untuk membuat konsumen menyadari keberadaan suatu produk atau jasa.

Terdiri atas: special offers, endorsement, user trials, advertising, direct mailing, leaflets/posters, free gift, competitors, join venture.

Tujuan Promosi

·         Informing, yaitu memberitahukan informasi selengkap-lengkapnya kepada calon pembeli tentang barang yang ditawarkan, siapa penjualnya, siapa pembuatnya, dimana memperolehnya, harganya dan sebagainya.

·         Persuading yaitu membujuk calon konsumen agar mau mebeli barang atau jasa yang ditawarkan.

·         Reminding yaitu mengingatkan konsumen tentang adanya barang tertentu, yang dibuat dan dijual perusahaan tertentu, ditempat tertentu dengan harga yang tertentu pula.

Media

·         Tv

·         Koran

·         Majalah

·         Radio

·         Cinema

·         Outdoor media (billboards, sports hoarding, bus shelters).

·         Internet

·         Direct mail

·         Personal selling

·         Trade fairs





Sekian hasil perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca dan jadi pembelajaran bagi saya. Topik bahasan ini akan dilanjutkan minggu depan. ditunggu ya :)
Terima kasih. Wassalamu'ailukum... ^^
 
Dewi Ariani Wahyuningrum 
1445121190 
Manajemen Pendidikan 2012 B

Tidak ada komentar:

Posting Komentar