Halaman

Senin, 03 Maret 2014

Resume Perkuliahan 4 MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN


Assalamu'alaikum
Seperti sebelumnya, saya akan membagikan hasil perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan yang dilaksanakan pada tanggal 25 Februari 2014, seperti biasa di Gedung Daksinapati ruang 307, pukul 11.30 s/d selesai.
Pada kesempatan kali ini, dosen saya, Pak Amril Muhammad menerangkan mengenai Analisis Lingkungan Pemasaran. Berikut resume perkuliahannya yang saya pahami:
 
Analisis Lingkungan Pemasaran


Lingkungan Pemasaran ialah factor eksternal yakni penentu dan kekuatan pemasaran yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk mengembangkan dan mempertahankan transaksi yang sukses terhadap target pelanggannya.

Lingkungan pemasaran dibagi menjadi dua45, yaitu Micro Environment dan Macro Environment.


  • Micro Environment (Lingkungan Mikro)

Ialah kekuatan yang dekat (melekat) dengan perusahaan yang mempengaruhi kemampuannya untuk melayani target pelanggan. Diantaranya perusahaan itu sendiri, pemasok, perusahaan saluran pasar, pasar pelanggan, pesaing, masyarakat.

Cakupannya sebagai berikut:

·         The Company (Perusahaan), terdiri dari:

ü  Top management (pimpinan paling tinggi, pimpinan pusat)

Pimpinan disini memiliki wewenang tertinggi untuk memutuskan dan membuat suatu kebijakan bagi perusahaan.

ü  Finance (Keuangan)

Keputusan dan kebijakan yang dikeluarkan harus mempertimbangkan pengeluaran keuangan.

ü  Riset & development (Riset dan Pengembangan)

Perusahaan harus mengadakan riset dan pengembangan suatu produk dalam pemenuhannya terhadap kebutuhan pelanggan.

ü  Purchasing (Pembelian)

Dalam pembelian suatu barang harus memperhatikan tempat pembeliannya dan barang tersebut mampu bertahan berapa lama. Ketika melakukan pembelian, juga harus memperhatikan barang tersebut kapan akan digunakan.

ü  Manufacturing (Proses Pembuatan)

Proses ini haruslah sistematis.

ü  Accounting (Pencatatan)

Perlu adanya pencatatan terkait seluruh kegiatan yang ada, baik pemasukan maupun pengeluaran.

·         Suppliers (Pemasok)

Menyediakan sumber daya yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk memproduksi barang dan jasa, berikut hal-hal yang harus diperhatikan:

ü  Watch supply availability

Pemasok haruslah memperhatikan ketersediaan pasokan barang, guna memenuhi kebutuhan pelanggan.

ü  Monitor the price trend

Selalu memantau trend  harga barang yang ada di pasar.

·         Marketing Intermediaries (Perantara)

Perusahaan yang membantu perusahaan lain untuk mempromosikan, menjual, dan mendistribusikan barang kepada pembeli akhir. Mereka termasuk reseller, perusahaan distribusi fisik, agen jasa pemasaran, dan perantara keuangan.

·         Customers (Pelanggan)

ü  Customer Markets

Pembelian suatu produk untuk dikonsumsi sendiri.

ü  Bussines Markets

Pembelian produk yang akan dijual dalam bentuk barang baru.

ü  Reselller Markets

Pembelian produk untuk dijual kembali dengan menggunakan kemasan yang baru.

ü  Government Markets

Pembelian produk melalui tender, penawaran, pembayaran dan pengajuan.

ü  International Markets

Adanya penerapan ISO (International Organization for Standardization)

·         Publics (Masyarakat Umum)

ü  Financial publics (keuangan)

ü  Media publics (media masayarakat)

ü  Government publics (pemerintahan, kebijakannya)

ü  Citizen-action publics (reaksi masyarakat, contohnya demo)

ü   Local publics (masyarakat lokal)

ü  General publics (masyarakat umum)

ü  Internal publics (pengaruh internal)



  • Macro Environment (Lingkungan Makro)

     Kekuatan masyarakat luas yang mempengaruhi lingkungan makro, yakni sebagai berikut:

·         Demografic Environment (Lingkungan Demografi/Penduduk)

ü  Size (ukuran)

ü  Density (kepadatan)

ü  Location (lokasi, tempat)

ü  Age (usia)

ü  Gender (jenis kelamin)

ü  Race (suku)

ü  Occupation (pekerjaan)

ü  Other statistic (data-data statistik lainnya)

·         Economic Environment (Lingkungan Ekonomi)

ü  Buyer power (daya beli)

ü  Spending pattern (pola pengeluaran)

·         Natural Environment (Lingkungan Alami)

ü  Shortages of raw materials (jauh dekatnya jarak sumber daya yang dibutuhkan)

ü  Increased cost of energy (kenaikan biaya dan sumber daya)

ü  Increased pollution (peningkatan pencemaran)

ü  Government intervention in natural resources management (intervensi pemerintah dalam pengelolaan sumber daya alam)

·         Technological Environment (Lingkungan Teknologi)

ü  New technologies (teknologi baru)

ü  Creating new product (membuat produk baru)

ü  Market opportunities (peluang pasar)

ü  Fast pace of techonological change (perubahan kecepatan teknologi)

ü  High R&D budgets

ü Concentration on minor improvement (konsentrasi pada perbaikan kecil)

ü  Increased regulation (peningkatan regulasi)

·         Political Environment (Lingkungan Politik)

ü  Laws (hukum)

ü  Government agencies (agensi pemerintahan, contoh: dinas pendidikan)

ü  Pressure group (tekanan)

ü Legislation regulating business (contoh: KPPU – Komisi Pengawasam Persaingan Usaha)

ü  Changing government (Perubahan pemerintahan)

·         Cultural Environment (Lingkungan Budaya)

ü Persistence of cultural values (ketekunan, mempertahankan kebudayaan)

ü  Shift in secondary cultural values (bagaiamana kesiapan untuk mengahadapi perubahan yang ada) 
 
Sekian hasil perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca dan jadi pembelajaran bagi saya.
Terima kasih.
Wassalamu'ailukum... ^^

Dewi Ariani Wahyuningrum
1445121190
Manajemen Pendidikan 2012 B

Tidak ada komentar:

Posting Komentar