Halaman

Minggu, 09 Maret 2014

Resume Perkuliahan 5 MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN

Assalamu'alaikum
Seperti sebelumnya, saya akan membagikan hasil perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan yang dilaksanakan pada tanggal 5 Maret 2014, namun ada yang berbeda, karena kali ini kami sudah mulai menempati gedung baru yakni IDB I lantai 6 ruang 603, pukul 11.30 s/d selesai.
Pada kesempatan kali ini, dosen saya, Pak Amril Muhammad menerangkan mengenai Segmentation, Targeting, dan Positioning. Berikut resume perkuliahannya yang saya pahami:
 
Segmentation

Proses membagi pasar menjadi kelompok pembeli yang dibedakan menurut kebutuhan, karakteristik (produk), perilaku konsumen yang mungkin membutuhkan produk yang berbeda.

Tiga Strategi Difensiasi Pasar
  1. Tanpa pembedaan (contoh: sepatu olahraga, tempat makan, kampus, olahraga)
  2. Melakukan pembedaan (contoh: pesantren)
  3. Terfokus (contoh: terfokus pada kebutuhan dan kemampuan pelanggan)
Tahapan Awal Segmentasi
Lakukan marketing research, yakni untuk mengetahui
  1. Besar pasar (berapa banyak kemungkinan jumlah pembeli yang akan datang)
  2. Daya beli konsumen (perhatikan kemampuan pelanggan)
  3. Perbedaan (mencari yahu kebutuhan, karakteristik, gengsi, kepribadian dan daya beli pelanggan yang berbeda)
  4. Pesaing (perhatikan iklan, produk, dan strategi pemasaran yang dilakukan pesaing)
  5. Keterjangkauan (apakah waktu pengiriman produk akan tepat dan sesuai)
  6. Sumber daya manusia (kemampuan, penghasilan, cara kerja)
 Dasar Alternatif Segmentasi
  1. Segmentasi demografis (gender, usia, ukuran keluarga)
  2. Segmentasi sosio ekonomis (pendapatan, pendidikan, kelas sosial, etnik: etnis/ras)
  3. Segmentasi psikografis (perilaku, gaya hidup)
  4. Segmentasi geografis (lingkup pasar, kepadatan penduduk, iklim: musim)
  5. Segmentasi benefit (alasan utama)
  6. Segmentasi penggunaan (heavy users: selalu menggunakan/daya pakai tinggi, medium users: barang jarang dipakai, occasional users: pamakaian hanya sesekali bahkan jarang, dan non users: pembelian bukan untuknya, melainkan untuk orang lain)
Targeting

Proses memutuskan pasar mana yang akan dilayani, seleksi pasar sasaran terdiri dari kumpulan pembeli dengan kebutuhan atau karakteristik serupa yang akan dilayani.

Tiga Materi yang akan Dipilih
  1. Tanpa pembedaan
  2. Ada pembedaan
  3. Terfokus
Landasan Targeting
  1. Sumber daya perusahaan (keuangan, manusia, produksi)
  2. Variabilitas produk (kemasan, harga, watna, ukuran, rasa, jenis, konten, maupun contoh ekstrakulikuler yang ada di sekolah)
  3. Tahapan produk dalam daur hidup (tahapan dari awal sampai proses pemakaian/dikonsumsi)
  4. Variabilitas pasar
  5. Strategi pasar
Positioning

Proses membedakan produk jasa dibandingkan dengan pesaing, terkait dengan apa yang akan dilakukan tehadap pikiran dan keinginan konsumen.

Tiga Langkah Positioning
  1. Mengenali keunggulan yang mungkin dapat ditampilkan
  2. Memilih keunggulan yang paling kuat
  3. Menyampaikan keunggulan secara efektif kepada target pasar (promosi, contoh berupa testimoni)
Mis Positioning terjadi, apabila:
  1. Under positioning (konsumen tidak mengenal keunggulan produk)
  2. Over positioning (konsumen punya gambaran minimal keunggulan produk)
  3. Confused positioning (konsumen tidak merasa pasti, banyak janji)
  4. Doubtful positioning (ada keraguan konsumen terhadap kualifikasi produk) 
Sekian hasil perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca dan jadi pembelajaran bagi saya. Terima kasih. Wassalamu'ailukum... ^^
 
Dewi Ariani Wahyuningrum 
1445121190 
Manajemen Pendidikan 2012 B

Tidak ada komentar:

Posting Komentar