Halaman

Minggu, 14 September 2014

Resume Perkuliahan Manajemen Keuangan "Kerangka Kompetensi Abad 21"



Assalamu’alaykum pembaca.
Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi sedikit informasi yang saya ketahui, namun ada yang berbeda nih, tak terasa sudah masuk semester 5, dan untuk beberapa bulan kedepan saya akan memposting terkait Manajemen Keuangan. Dosen masih sama, ada Pak Amril yang selaku dosen mata kuliah ini.
Pertemuan pertama bertempat di Gd. Daksinapati Ruang 306, dengan membahas kontrak kuliah, silabus, dan diawali dengan materi “Kerangka Kompetensi Abad 21”. Berikut resumenya. ^^
Oh iya, sebelum ada perkenalan sedikit mengenai Manajemen Keuangan.

Manajemen keuangan adalah suatu kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh suatu organisasi atau perusahaan.
Tujuan Manajemen Keuangan adalah untuk memaksimalkan nilai perusahaan. Dengan demikian apabila suatu saat perusahaan dijual, maka harganya dapat ditetapkan setinggi mungkin. Seorang manajer juga harus mampu menekan arus peredaran uang agar terhindar dari tindakan yang tidak diinginkan. (Sumber: Wikipedia.org)

Lanjut ke pembahasan utama, Kerangka Kompetensi Abad 21
Kerangka Kompetensi Abad ke-21
(Sumber: Bahan Ajar Manajemen Keuangan, oleh Amril Muhammad)

1.       Kehidupan dan Karir 
Adapun Kompetensi yang harus dimiliki untuk menjalani kehidupan dan karir yaitu :
·         Fleksibel dan Adaptif (mampu menempatkan dan menyesuaikan diri dengan lingkungan yang ada)
·         Berinisiatif dan Mandiri
·         Keterampilan Sosial dan Budaya
·         Produktif dan Akuntabel
·         Kepimpinan dan Tanggung Jawab (memiliki jiwa kepemimpinan dan dapat bertanggung jawab)
2.      Pembelajaran dan Inovasi
Adapun Kompetensi yang harus dimiliki sebagai berikut :
·         Kreatif dan Inovasi
·         Berfikir Kritis dalam Menyelesaikan Masalah (mecoba mencari tahu titik permasalahan yang ada dan berusaha menemukan solusi)
·         Komunikasi dan Kolaborasi
3.      Informasi, Media, dan Teknologi
Adapun Kompetensi yang harus dimiliki agar kita dapat meraih ketiga hal tersebut yaitu :
·         Melek Informasi
·         Melek Media
·         Melek TIK
(maksudnya “melek” di atas, setiap individu sangatlah perlu tanggap dan paham akan informasi yang beredar, media yang ada, serta tanggap dengan teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat saat ini)

Kerangka-kerangka diatas menunjukan bahwa berpengetahuan saja tidak cukup, harus juga dilengkapi dengan karakter-karakter diatas. Disampng itu didukung dengan kemampuan memanfaatkan informasi dan komunikasi.

Tuntutan terhadap Kompetensi SDM
Ada 3 aspek yaitu :

1.       Pengetahuan/Wawasan Global
·         Konseptual yang integratif dan aplikatif
·         Orientasi pada solusi, inovasi dan kreatifitas
·         Nilai-nilai Universal
2.      Keterampilan Global
·         Komunikasi Multi Budaya
·         Pemanfaatan Teknologi Informasi
·         Pengembangan Intelectual, Emotional dan Adversity Skill
3.      Sikap/Perilaku
·         Dinamis dan Fleksibel
·         Inisiatif dan Proaktif
·         Inovatif dan Kreatif
·         Mandiri "Survive"

Pergeseran Paradigma
Pergeseran paradigma (pendidikan) dulu dengan kini.
1.       Berfokus pada proses, maksudnya kini pendidikan lebih berfokus pada proses dari suatu pembelajaran, bukan hanya sekedar memperhatikan hasil.
2.      Pembelajaran berpusat kepada siswa, siswa yang dilibatkan aktif dalam pembelajaran. Guru hanya sebagai fasilitator.
3.      Pencapaian pembelajaran kepada siapa dan bagaimana, bukan sekedar tahu, melainkan paham.
4.      Kepemimpinan guru sebagai seorang fasilitator, bukan menempatkan dirinya sebagai orang yang paling tahu.
5.      Siswa aktif, dan merupakan motor penggerak, tidak pasif.
6.      Kekeliruan bukan lagi hal yang tabu atau menakutkan, melainkan dari kesalahan tersebut peserta didik diharapkan mengambil pesan dan dijadikan pelajaran.
7.      Kelasnya bersifat flexibel
8.     Pembelajaran lebih bersifat pembelajaran langsung. Langsung dilakukan dan menekankan praktek di kehidupan sehari-hari.

4 Pilar Pendidikan Unesco
(Jaquest Delor, 1998)
1.       Learning to know
2.      Learning to do
3.      Learning to live together
4.      Learning to be
Sekian hasil perkuliahan Manajemen Keuangan, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca dan jadi pembelajaran bagi saya. Terima kasih. Wassalamu'ailukum... ^^  

Dewi Ariani Wahyuningrum 
1445121190 
Manajemen Pendidikan 2012 B
Dosen: Amril Muhammad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar