Halaman

Kamis, 22 Mei 2014

Resume Perkuliahan "Promosi, Komunikasi Pemasaran"


Assalamu'alaikum

Seperti sebelumnya, saya akan membagikan hasil perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan yang dilaksanakan pada tanggal 20 Mei 2014 di Gd. R.A Kartini, pukul 11.30 s/d selesai.
Pada kesempatan kali ini, dosen saya, Pak Amril Muhammad menerangkan mengenai Promosi, Komunikasi Pemasaran. Berikut resume perkuliahannya yang saya pahami:
 
Promosi, Komunikasi Pemasaran
Periklanan, semua bentuk terbayar atas presentasi nonpribadi dan promosi ide, barang atau jasa oleh sponsor yang jelas.
Dalam mengembangkan program iklan, manajer perusahaan harus selalu mulai dengan mengidentifikasi pasar sasaran dan motif pembeli, lalu menggunakan lima keputusan utama.
5M
Mission
1.      Tujuan penjualan (agar tetap stabil, modal kembali, bahkan mendapat keuntungan)
2.      Tujuan iklan (apakah sekedar informasi ataukah berusaha mempengaruhi orang)
Money 
Faktor-faktor yang harus dipertimbangkan:
1.      biaya/harga pemasangan
2.      pangsa pasar yang dapat menentukan basis konsumen
3.      segmen pasar
4.      pesaing
5.      kerumunan (usahakan jangan terlalu ramai)
6.      frekuensi kemampuan penggantian produk

Message
1. pembentukan pesan (perhatikan isi pesan sesuai dengan yang diharapkan)
2. evaluasi dan pemilihan pesan (perhatikan kata yang digunakan)
3. pelaksanaan pesan (siapa yang menyampaikan dan apa yang disampaikan)
4. review tanggung jawab sosial (pesan tida boleh menipu)

Media
1.      Jangkauannya
2.      Frekuensinya
3.      Dampak (baik/buruk?)
4.      Jenis media utama  (berdasarkan kebiasaan pemirsa, karakteristik produk, pesan, dan biaya)
5.      Penetapan waktu (efektif atau tidak)

 Measurement
1.      Dampak komunikasi
2.      Dampak penjualan

Mengembangkan dan mengelola program iklan:
1.      Menentukan Tujuan
Yakni tugas komunikasi khusus dan tingkat pencapaian yang harus dicapai dengan pemias tertentu dalam jangka waktu tertentu.
Tujuan iklan antara lain:
·         Iklan persuasive
·         Iklan remembering, dll.
2.      Memutuskan Anggaran Iklan
3.      Mengembangkan Kampanye Iklan
Periklanan selalu mencari “ide hebat” yang menghubungkan merk dan konsumen secara rasional dan emosional, membedakan merek dari pesaing dengan tajam, cukup luas dan fleksibel untuk diterjemahkan ke dalam berbagai media, pasar dan periode waktu.

Alternatif opsi iklan:
1.      Iklan tempat
·         papan iklan
·         ruang publik seperti pesawat terbang, arena olahraga, lift kantor, toilet)
2.      penempatan produk (dalam film atau acara TV atau dalam bentuk Advertorial)
3.      titik pembelian (iklan dalam toko seperti di kereta belanja, lorong dan rak)

Menentukan penentuan waktu dan alokasi media
Klasifikasi  pola penentuan waktu iklan:
1.      Kontinuitas (konsisten sepanjang periode tertentu)
2.      Konsentrasi (iklan dalam satu periode)
3.      Bersela (memerlukan iklan untuk satu periode, diikuti oleh periode kegiatan iklan kedua)
4.      Berdenyut (iklan berkelanjutan dengan titik bobot rendah yang diperkuat secara periodik)

Promosi penjualan
Terdiri dari koleksi alat insentif yang dirancang untuk menstimulasi pembelian yang cepat atau lebih besar atas produk atau jasa tertentu oleh konsumen atau perdagangan yang mencakup promosi konsumen, promosi dagang, promosi bisnis dan tenaga penjualan.


Sekian hasil perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca dan jadi pembelajaran bagi saya. Terima kasih. Wassalamu'ailukum... ^^
 
Dewi Ariani Wahyuningrum 
1445121190 
Manajemen Pendidikan 2012 B
 Dosen: Amril Muhammad


Tidak ada komentar:

Posting Komentar