Assalamu'alaikum
Seperti
sebelumnya, saya akan membagikan hasil perkuliahan Manajemen Pemasaran
Jasa
Pendidikan yang dilaksanakan pada tanggal 20 Mei 2014 di Gd. R.A Kartini, pukul 11.30 s/d selesai.
Pada
kesempatan kali ini, dosen saya, Pak Amril Muhammad menerangkan
mengenai Promosi,
Komunikasi Pemasaran. Berikut resume perkuliahannya yang saya
pahami:
Promosi,
Komunikasi Pemasaran
Periklanan,
semua bentuk terbayar atas presentasi nonpribadi dan promosi ide, barang atau
jasa oleh sponsor yang jelas.
Dalam
mengembangkan program iklan, manajer perusahaan harus selalu mulai dengan
mengidentifikasi pasar sasaran dan motif pembeli, lalu menggunakan lima
keputusan utama.
5M
Mission
1. Tujuan penjualan (agar tetap stabil,
modal kembali, bahkan mendapat keuntungan)
2. Tujuan iklan (apakah sekedar
informasi ataukah berusaha mempengaruhi orang)
Money
Faktor-faktor yang harus dipertimbangkan:
1.
biaya/harga
pemasangan
2.
pangsa
pasar yang dapat menentukan basis konsumen
3.
segmen
pasar
4.
pesaing
5.
kerumunan
(usahakan jangan terlalu ramai)
6.
frekuensi
kemampuan penggantian produk
Message
1. pembentukan pesan (perhatikan isi
pesan sesuai dengan yang diharapkan)
2. evaluasi dan pemilihan pesan (perhatikan
kata yang digunakan)
3. pelaksanaan pesan (siapa yang
menyampaikan dan apa yang disampaikan)
4. review tanggung jawab sosial
(pesan tida boleh menipu)
Media
1.
Jangkauannya
2.
Frekuensinya
3.
Dampak
(baik/buruk?)
4.
Jenis
media utama (berdasarkan kebiasaan
pemirsa, karakteristik produk, pesan, dan biaya)
5.
Penetapan
waktu (efektif atau tidak)
Measurement
1.
Dampak
komunikasi
2.
Dampak
penjualan
Mengembangkan
dan mengelola program iklan:
1.
Menentukan
Tujuan
Yakni tugas komunikasi khusus dan
tingkat pencapaian yang harus dicapai dengan pemias tertentu dalam jangka waktu
tertentu.
Tujuan iklan antara lain:
·
Iklan
persuasive
·
Iklan
remembering, dll.
2.
Memutuskan
Anggaran Iklan
3.
Mengembangkan
Kampanye Iklan
Periklanan selalu mencari “ide hebat” yang menghubungkan
merk dan konsumen secara rasional dan emosional, membedakan merek dari pesaing
dengan tajam, cukup luas dan fleksibel untuk diterjemahkan ke dalam berbagai
media, pasar dan periode waktu.
Alternatif
opsi iklan:
1.
Iklan
tempat
·
papan
iklan
·
ruang
publik seperti pesawat terbang, arena olahraga, lift kantor, toilet)
2.
penempatan
produk (dalam film atau acara TV atau dalam bentuk Advertorial)
3.
titik
pembelian (iklan dalam toko seperti di kereta belanja, lorong dan rak)
Menentukan
penentuan waktu dan alokasi media
Klasifikasi
pola penentuan waktu iklan:
1.
Kontinuitas
(konsisten sepanjang periode tertentu)
2.
Konsentrasi
(iklan dalam satu periode)
3.
Bersela
(memerlukan iklan untuk satu periode, diikuti oleh periode kegiatan iklan kedua)
4.
Berdenyut
(iklan berkelanjutan dengan titik bobot rendah yang diperkuat secara periodik)
Promosi
penjualan
Terdiri
dari koleksi alat insentif yang dirancang untuk menstimulasi pembelian yang
cepat atau lebih besar atas produk atau jasa tertentu oleh konsumen atau
perdagangan yang mencakup promosi konsumen, promosi dagang, promosi bisnis dan
tenaga penjualan.
Sekian
hasil perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan, semoga dapat
bermanfaat bagi pembaca dan jadi pembelajaran bagi saya.
Terima kasih. Wassalamu'ailukum... ^^
Dewi Ariani Wahyuningrum
1445121190
Manajemen Pendidikan 2012 B
Dosen: Amril Muhammad
Tidak ada komentar:
Posting Komentar