Halaman

Senin, 12 Mei 2014

Resume Perkuliahan MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN



Assalamu'alaikum

Seperti sebelumnya, saya akan membagikan hasil perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan yang dilaksanakan pada tanggal 6 Mei 2014 di Gd. R.A Kartini, pukul 11.30 s/d selesai.
Pada kesempatan kali ini, dosen saya, Pak Amril Muhammad menerangkan mengenai KEPUTUSAN HARGA. Berikut resume perkuliahannya yang saya pahami:

Keputusan Harga

Price
Sejumlah uang yang harus dikeluarkan oleh konsumen guna mendapat manfaat dalam memiliki/menggunakan produ/jasa yang dipasarkan atau yang dikenakan terhadap suatu produk/jasa.
Pertimbangan dalam menetapkan harga, yakni:
1.      Internal
·         Tujuan pemasaran (laba yang besar dengan menetapkan harga yang tinggi)
·         Strategi bauran pemasaran (mempertimbangkan tempat/biaya sewa supaya lebih murah)
·         Biaya (berapa biaya yang dikeluarkan)
·         Pertimbangan organisasi (melihat kebijakan organisasi)
2.      Eksternal
·         Pasar dan permintaan (monopoli/persaingan bebas)
·         Persaingan (contoh: Pasar oligopoli dari segi bahasa berasal dari kata olio yang berarti beberapa dan poli yang artinya penjual adalah pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan)
·         Factor lainnya (ekonomi, penjualan kembali/harga grosir, pemerintah)
Menentukan kebijakan penetapan harga
1.      Memilih tujuan penetapan harga
2.      Menentukan permintaan (berkaitan dengan jumlah barang yang akan diproduksi)
3.      Memprakirakan biaya (tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah), dan mempertimbangkan laba
4.      Analisis biaya, harga, dan tawaran pesaing
5.      Memilih metode penetapan harga
6.      Memilih harga final
Pendekatan penetapan harga
1.      Permintaan di pasar sasaran
2.      Strategi bisnis dan pemasaran
3.      Diferensiasi produk
4.      Harga pesaing
5.      Harga barang subtitusi
6.      Biaya produksi (pertimbangan)
Pendekatan penetapan harga
1.      Cost-based pricing (harga didasarkan pada biaya untuk produksi suatu barang)
Contoh soal: sebuah pabrik topi akan memproduksi 1.000 topi. Bahan baku yang dibutuhkan untuk memproduksi topi tersebut sebesar Rp 25.000.000 , untuk biaya tenaga kerja langsung sebesar Rp 7.000.000 , biaya overhead yang dikeluarkan sebesar 1.000.000 , dan perusahaan ingin mendapat untung sebesar 25%. Hitunglah cost-based pricing yang ditetapkan perusahaan tersebut!
 Jawab:  bahan baku = 25.000.000
  TKL           =   7.000.000
            BOH           =   1.000.000
                                   33.000.000
           
VC = 33.000.000/1000
                   = 33.000
           
Laba 25% = (25/100)x33.000
                            = 8.250
Jadi, cost-based pricing per unit adalah = 33.000+8.250
                                                                = 41.250

2.      Break-even analysis and target profit pricing
Contoh soal: pabrik mukena memiliki modal sebesar Rp 20.000.000 untuk memproduksi mukena yang akan dijual. Variable cost yang dikeluarkan sebesar Rp 45.000 , unit cost nya sebesar Rp 70.000 , berapa BEP dan profit pricing nya jika targetnya adalah 1.500?
Jawab: BEP per unit = FC/(UC-VC)
                                = 20.000.000/(70.000-45.000)
                                = 800 unit

            BEP dalam rupiah = BEP dalam unit x UC
                                          = 70.000 x 800 = 56.000.000

            Target profit pricing = S    = 1.500x70.000 = 105.000.000
                                                 FC =                              20.000.000
                                                 VC = 1.500x45.000 =   67.500.000
                                                                                     
               17.500.000

3.      Value-based pricing
Menetapkan harga berdasarkan persepsi pembeli terhadap suatu nilai dibandingkan dengan biaya penjual.
Contohnya : Pemesanan baju pengantin yang ditentukan penetapan harga baju dibuat produknya.

4.       Competition-based pricing
Menetapkan harga berdasarkan harga yang ditetapkan pesaing.

Strategi penetapan harga produk baru
·         Market-skimming pricing
Harga tinggi untuk produk baru untuk dapat pendapatan maksimal dari segmen yang berkeinginan untuk membayar harga yang tinggi -> fewer but more profitable sales
·         Market-penetration pricing
Menetapkan harga yang rendah untuk produk baru untuk menarik pembeli yang banyak dan pangsa pasar yang besar.
Strategi penyesuaian harga
·         Discount and allowance pricing
Mengurangi harga untuk memberikan penghargaan kepada konsumen
·         Segmented pricing
Menyesuaikan harga terhadap pelanggan, produk, atau lokasi yang berbeda
·         Psychological pricing
Menyesuaikan harga terhadap efek psikologis
·         Promotional pricing
Menyesuaikan harga semestinya untuk meningkatkan penjualan jangka pendek
·         Geographical pricing
Menyesuaikan harga sesuai dengan letak geografis/letak konsumen
·         International pricing
Menyesuaikan harga untuk pasar internasional
Penetapan harga diskriminasi
·         Segmen pelanggan
·         Bentuk produk
·         Lokasi (bandara, mall)
·         Waktu (liburan sekolah, lebaran)
Penetapan harga psikologi
Punya uang sama, tapi dapat barang yang lebih banyak pertimbangan,
·         Lebih menarik (tampilan) ?
·         Nilai lebih baik (efek psikologis) ?
·         Psikologi harga?
Penetapan harga promosi
1.      Kepemimpinan harga merugi
2.      Penetapan harga untuk even special
3.      Potongan harga
4.      Pembiayaan bunga rendah (KPR) dan produksinya berasal dari bunga rendah
5.      Pembayaran jangka panjang
6.      Garansi/pelayanan
7.      Diskon psikologis (rasa yang didapat bila mendapat diskon)
Pertimbangan dasar keputusan harga untuk di luar home country
1.      Apakah harga sesuai dengan kualitas yang didapat dari suatu produk?
2.      Apakah harga kompetitif?
3.      Strategi apa yang dijalankan?
4.      Bagaimana tipe discount nya?
5.      Apakah harga perlu berbeda dengan setiap segmen yang ada?
6.      Keputusan apa yang diambil bila biaya perusahaan menurun/meningkat? Elastis/inelastis?
7.      Apakah harga yang ditetapkan perusahaan dilihat oleh pemerintah host country sebagai harga yang wajar atau eksploitatif?
8.      Apakah hukum dumping berlaku di host country?
Market holding
·         Strategi ini sering dipergunakan oleh perusahaan yang ingin mempertahankan pangsa pasar.
·         Dalam pasar global terjadi disebabkan karena fluktuasi nilai mata uang yang menyebabkan harus diadakannya penyesuaian harga.
Pengaruh lingkungan terhadap keputusan harga
1.      Fluktuasi nilai mata uang
2.      Klausal nilai tukar
3.      Penetapan harga di wilayah yang mengalami inflasi
4.      Campur tangan dan subsidi pemerintah
5.      Perilaku pesaing
6.      Hubungan harga dan kualitas
Transfer pricing
Penetapan harga dari produk/jasa yang dibeli/dijual oleh unit operasi/divisi dari perusahaan yang sama.


Sekian hasil perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca dan jadi pembelajaran bagi saya. Terima kasih. Wassalamu'ailukum... ^^
 
Dewi Ariani Wahyuningrum 
1445121190 
Manajemen Pendidikan 2012 B
 Dosen: Amril Muhammad






Tidak ada komentar:

Posting Komentar