Assalamu'alaikum
Seperti
sebelumnya, saya akan membagikan hasil perkuliahan Manajemen Pemasaran
Jasa
Pendidikan yang dilaksanakan pada tanggal 6 Mei 2014 di Gd. R.A Kartini, pukul 11.30 s/d selesai.
Pada
kesempatan kali ini, dosen saya, Pak Amril Muhammad menerangkan
mengenai KEPUTUSAN HARGA. Berikut resume perkuliahannya yang saya
pahami:
Keputusan Harga
Price
Sejumlah uang
yang harus dikeluarkan oleh konsumen guna mendapat manfaat dalam memiliki/menggunakan
produ/jasa yang dipasarkan atau yang dikenakan terhadap suatu produk/jasa.
Pertimbangan dalam menetapkan harga, yakni:
1.
Internal
·
Tujuan
pemasaran (laba yang besar dengan menetapkan harga yang tinggi)
·
Strategi
bauran pemasaran (mempertimbangkan tempat/biaya sewa supaya lebih murah)
·
Biaya
(berapa biaya yang dikeluarkan)
·
Pertimbangan
organisasi (melihat kebijakan organisasi)
2.
Eksternal
·
Pasar
dan permintaan (monopoli/persaingan bebas)
·
Persaingan
(contoh: Pasar oligopoli dari
segi bahasa berasal dari kata olio yang berarti beberapa dan poli yang artinya
penjual adalah pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa
perusahaan)
·
Factor
lainnya (ekonomi, penjualan kembali/harga grosir, pemerintah)
Menentukan kebijakan penetapan harga
1.
Memilih
tujuan penetapan harga
2.
Menentukan
permintaan (berkaitan dengan jumlah barang yang akan diproduksi)
3.
Memprakirakan
biaya (tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah), dan mempertimbangkan laba
4.
Analisis
biaya, harga, dan tawaran pesaing
5.
Memilih
metode penetapan harga
6.
Memilih
harga final
Pendekatan penetapan harga
1.
Permintaan
di pasar sasaran
2.
Strategi
bisnis dan pemasaran
3.
Diferensiasi
produk
4.
Harga
pesaing
5.
Harga
barang subtitusi
6.
Biaya
produksi (pertimbangan)
Pendekatan penetapan harga
1.
Cost-based
pricing (harga didasarkan pada biaya untuk produksi suatu barang)
Contoh soal:
sebuah pabrik topi akan memproduksi 1.000 topi. Bahan baku yang dibutuhkan
untuk memproduksi topi tersebut sebesar Rp 25.000.000 , untuk biaya tenaga
kerja langsung sebesar Rp 7.000.000 , biaya overhead yang dikeluarkan sebesar
1.000.000 , dan perusahaan ingin mendapat untung sebesar 25%. Hitunglah cost-based
pricing yang ditetapkan perusahaan tersebut!
Jawab: bahan
baku = 25.000.000
TKL = 7.000.000
![](file:///C:\Users\DEWIAR~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.png)
33.000.000
VC
= 33.000.000/1000
= 33.000
Laba
25% = (25/100)x33.000
= 8.250
Jadi, cost-based
pricing per unit adalah = 33.000+8.250
= 41.250
2.
Break-even
analysis and target profit pricing
Contoh soal:
pabrik mukena memiliki modal sebesar Rp 20.000.000 untuk memproduksi mukena
yang akan dijual. Variable cost yang dikeluarkan sebesar Rp 45.000 , unit cost
nya sebesar Rp 70.000 , berapa BEP dan profit pricing nya jika targetnya adalah
1.500?
Jawab: BEP per
unit = FC/(UC-VC)
= 20.000.000/(70.000-45.000)
= 800 unit
BEP dalam rupiah = BEP dalam unit x
UC
=
70.000 x 800 = 56.000.000
Target profit pricing = S = 1.500x70.000 = 105.000.000
FC = 20.000.000
VC = 1.500x45.000
= 67.500.000
![](file:///C:\Users\DEWIAR~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image002.png)
17.500.000
3.
Value-based
pricing
Menetapkan harga berdasarkan
persepsi pembeli terhadap suatu nilai dibandingkan dengan biaya penjual.
Contohnya : Pemesanan baju pengantin
yang ditentukan penetapan harga baju dibuat produknya.
4.
Competition-based pricing
Menetapkan harga berdasarkan harga
yang ditetapkan pesaing.
Strategi penetapan harga produk baru
·
Market-skimming
pricing
Harga
tinggi untuk produk baru untuk dapat pendapatan maksimal dari segmen yang
berkeinginan untuk membayar harga yang tinggi -> fewer but more profitable sales
·
Market-penetration
pricing
Menetapkan
harga yang rendah untuk produk baru untuk menarik pembeli yang banyak dan
pangsa pasar yang besar.
Strategi penyesuaian harga
·
Discount
and allowance pricing
Mengurangi
harga untuk memberikan penghargaan kepada konsumen
·
Segmented
pricing
Menyesuaikan
harga terhadap pelanggan, produk, atau lokasi yang berbeda
·
Psychological
pricing
Menyesuaikan
harga terhadap efek psikologis
·
Promotional
pricing
Menyesuaikan
harga semestinya untuk meningkatkan penjualan jangka pendek
·
Geographical
pricing
Menyesuaikan
harga sesuai dengan letak geografis/letak konsumen
·
International
pricing
Menyesuaikan
harga untuk pasar internasional
Penetapan harga diskriminasi
·
Segmen
pelanggan
·
Bentuk
produk
·
Lokasi
(bandara, mall)
·
Waktu
(liburan sekolah, lebaran)
Penetapan harga psikologi
Punya uang sama,
tapi dapat barang yang lebih banyak pertimbangan,
·
Lebih
menarik (tampilan) ?
·
Nilai
lebih baik (efek psikologis) ?
·
Psikologi
harga?
Penetapan harga promosi
1.
Kepemimpinan
harga merugi
2.
Penetapan
harga untuk even special
3.
Potongan
harga
4.
Pembiayaan
bunga rendah (KPR) dan produksinya berasal dari bunga rendah
5.
Pembayaran
jangka panjang
6.
Garansi/pelayanan
7.
Diskon
psikologis (rasa yang didapat bila mendapat diskon)
Pertimbangan dasar keputusan harga untuk di luar home country
1.
Apakah
harga sesuai dengan kualitas yang didapat dari suatu produk?
2.
Apakah
harga kompetitif?
3.
Strategi
apa yang dijalankan?
4.
Bagaimana
tipe discount nya?
5.
Apakah
harga perlu berbeda dengan setiap segmen yang ada?
6.
Keputusan
apa yang diambil bila biaya perusahaan menurun/meningkat? Elastis/inelastis?
7.
Apakah harga yang ditetapkan
perusahaan dilihat oleh pemerintah host country sebagai harga yang wajar
atau eksploitatif?
8.
Apakah hukum dumping berlaku di host
country?
Market holding
·
Strategi
ini sering dipergunakan oleh perusahaan yang ingin mempertahankan pangsa pasar.
·
Dalam
pasar global terjadi disebabkan karena fluktuasi nilai mata uang yang
menyebabkan harus diadakannya penyesuaian harga.
Pengaruh lingkungan terhadap keputusan harga
1.
Fluktuasi
nilai mata uang
2.
Klausal
nilai tukar
3.
Penetapan
harga di wilayah yang mengalami inflasi
4.
Campur
tangan dan subsidi pemerintah
5.
Perilaku
pesaing
6.
Hubungan
harga dan kualitas
Transfer pricing
Penetapan
harga dari produk/jasa yang dibeli/dijual oleh unit operasi/divisi dari
perusahaan yang sama.
Sekian
hasil perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan, semoga dapat
bermanfaat bagi pembaca dan jadi pembelajaran bagi saya.
Terima kasih. Wassalamu'ailukum... ^^
Dewi Ariani Wahyuningrum
1445121190
Manajemen Pendidikan 2012 B
Dosen: Amril Muhammad
Tidak ada komentar:
Posting Komentar