Assalamu'alaikum
Seperti
sebelumnya, saya akan menceritakan terkai perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa. Namun, ada yang berbeda kali ini. untuk pertemuan kali ini tepatnya hari Selasa, tanggal 22 April 2014, kelas kami mengadakan kunjungan ke suatu tempat makan di daerah Tebet. Untuk lebih lengkapnya, simak tulisan saya ini yaaa. :D
Selamat membaca ^^
Didahului dari sedikit paparan Teori tentang Kepuasan Pelanggan.
A.
Kepuasan
Pelanggan
Menurut Kotler
(dalam Rangkuti 2003 : 23) kepuasan konsumen adalah: Perasaan senang
atau kecewa seseorang sebagai hasil dari perbandingan antara prestasi atau
produk yang dirasakan dan yang diharapkannya. Pada dasarnya pengertian kepuasan
konsumen mencakup perbedaan antara tingkat harapan dan kinerja atau hasil yang
dirasakan. Kepuasan konsumen dianggap sebagai suatu tanggapan emosional pada
evaluasi terhadap pengalaman konsumsi suatu produk atau jasa. Kepuasan konsumen
merupakan evaluasi pembeli dimana alternatif yang dipilih sekurang-kurangnya
sama atau melampaui harapan pelanggan, sedangkan ketidakpuasan timbul apabila
hasil tidak memenuhi harapan. Kepuasan pelanggan menurut Tse & Wilton yang
dikutip oleh Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra (2005 : 198), adalah : Respon konsumen
pada evaluasi persepsi terhadap perbedaan antara ekspektasi awal atau standar
kinerja tertentu dan kinerja aktual produk sebagaimana dipersepsikan setelah
konsumsi produk.
Pelanggan atau
konsumen yang secara kontinu dan berulang kali datang ke suatu tempat yang sama
untuk menggunakan produk atau jasa dapat dikatakan bahwa mereka merasa puas
akan produk atau jasa yang telah diberikan oleh perusahaan. Adanya perasaan
yang lebih yang dirasakan ketika sesuatu hasrat atau keinginan yang
diharapkannya tercapai. Dari berbagai definisi diatas dapat ditarik kesimpulan
bahwa pada dasarnya kepuasan konsumen mencakup perbedaan antara harapan dan kinerja
atau hasil yang dirasakan.
B. Faktor
Pendorong Terhadap Kepuasan Pelanggan
Faktor-faktor
pendorong kepuasan kepada pelanggan dalam Handi Irawan (2007:37)
a. Kualitas
Produk
Pelanggan akan
merasa puas setelah membeli dan menggunakan produk tersebut yang memiliki
kualitas produk baik.
b. Harga
Biasanya harga
murah adalah sumber kepuasan yang penting. Akan tetapi biasanya faktor harga
bukan menjadi jaminan suatu produk memiliki kualitas yang baik.
c. Kualitas Jasa
Pelanggan merasa puas apabila mereka
memperoleh jasa yang baik atau sesuai dengan yang diharapkan dari pegawai
maupun karyawan perusahaan.
d.
Emotional factor
Kepuasannya bukan karena kualitas
produk, tetapi harga diri atau nilai sosial yang menjadikan pelanggan puas
terhadap merek produk tertentu.
e. Biaya atau kemudahan
untuk mendapatkan produk atau jasa
Kenyamanan dan
efisien dalam mendapatkan suatu produk atau jasa serta mudah mendapatkan jasa
produk memberikan nilai tersendiri bagi kepuasan pelanggan.
C. Pengukuran
Kepuasan Pelanggan
Menurut Kotler
(1994) dalam Nasution (2005 : 66 ), ada 4 metode untuk mengukur kepuasan
pelanggan, yaitu :
1. Sistem Keluhan dan Saran
Perusahaan yang berorientasi pada
pelanggan (Custimer-Oriented)
menyediakan kesempatan seluas-luasnya bagi para pelanggannya untuk menyampaikan
saran, kritik, dan keluhan mereka.
2. Ghost
Shopping
Mempekerjakan beberapa orang yang
berperan sebagai pelanggan atau pembeli potensial produk perusahaan dan pesaing
berdasarkan pengalaman mereka dalam pembelian produk-produk tersebut. Kemudian
melaporkan hal-hal yang berkaitan dengan kekuatan dan kelemahan produk,
mengamati dan menilai cara penanganan yang lebih baik.
3. Lost
Customer Analysis
Perusahaan berusaha menghubungi para
pelanggannya yang telah berhenti membeli atau beralih ke perusahaan. Perusahaan
berusaha untuk mengamati apa yang menyebakan pelanggan bisa berpindah ke produk
atau jasa lain.
4. Survei Kepuasan Pelanggan.
Survey perusahaan akan memperoleh
tanggapan dan umpan balik secara langsung dari pelanggan dan sekaligus juga
memberikan tanda positif bahwa perusahaan menaruh perhatian terhadap para
pelanggannya.
Pengukuran
kepuasan melalui metode ini dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, sebagai
berikut:
·
Directly reported satisfaction
Melakukan
pengukuran secara langsung melalui pertanyaan tentang tingkat kepuasan
pelanggan.
·
Derived dissatisfaction
Pertanyaan yang diajukan menyangkut
dua hal utama, yakni besarnya harapan pelanggan terhadap atribut tertentu dan besarnya
kinerja yang mereka rasakan.
·
Problem analysis
Pelanggan
diminta untuk menungkapkan masalah yang dihadapi berkaitan dengan produk atau
jasa dan memberikan saran-saran perbaikan.
·
Importance-performance Analysis
Responden
diminta untuk menilai tingkat kepentingan dan tingkat kinerja perusahaan dalam
masing-masing elemen/atribut tersebut.
D.
Manfaat
Pengukuran Kepuasan Pelanggan
Ukuran kepuasan pelanggan dapat
dikategorikan sebagai kurang puas,puas dan sangat puas.Pengukuran mutu
pelayanan dan kepuasan pelanggan dapat digunakan untuk beberapa tujuan, yaitu:
1. Mempelajari persepsi masing-masing
pelanggan terhadap mutu pelayanan yang dicari,diminati dan diterima atau tidak
di terima pelanggan,yang akhirnya pelanggan merasa puas dan terus melakukan
kerja sama.
2.
Mengetahui
kebutuhan,keinginan, persyaratan, dan harapan pelanggan pada saat sekarang dan
masa yang akan datang yang disediakan perusahaan yang sesungguhnya dengan
harapan pelanggan atas pelayanan yang diterima.
3.
Meningkatkan mutu pelayanan sesuai
dengan harapan-harapan pelanggan.
4.
Menyusun rencana kerja dan
menyempurnakan kualitas pelayanan dimasa akan
datang.
Laporan Kunjungan
Sekilas profil tempat kunjungan kami dan paparannya.
Narasumber : Pak. Prabowo selaku
GM.
Alamat : Jalan Tebet Utara Dalam No. 2, Jakarta Selatan Kota Jakarta Selatan, DKI
Jakarta 12870
Telepon
:
(021) 83783378
Fasilitas :
·
Tidak ada layanan pesan antar makan di
tempat
·
Menyediakan Non Vegetarian
·
Alkohol tidak tersedia
·
Wifi
·
Tempat duduk di luar
·
Tempatnya terbuka
* Yang membedakan bakul tukul dengan
rumah makan lainnya yaitu Nasi, Teh dan Sambel bisa tambah/isi ulang tanpa
harus terkena biaya tambahan.
Masakan :
Sunda
Menu: ayam bakar, ikan bakar, sayur asem, dll
Harga : IDR 150.000
untuk 2 orang (rata - rata). Menerima pembayaran tunai dan kartu kredit
Jam Buka Buka
:11:00 - 24:00
Visi : Menjadikan
makanan yang mengglobal.
Misi : Menyajikan
makanan yang murah meriah dan sehat.
Prinsip :
D = Disiplin
Q = Quality
S = Service
C = Clean
Motto :
"Rasa Sebakul Harga Gak Mukul"
Bakul tukul sendiri ada 3 cabang,
yang pertama ada di menteng, ada di kelapa gading dan yang terbaru di tebet
ini.
KONSEP
masakan murah meriah sering dipakai sejumlah restoran di Jakarta. Tak
terkecuali Bakul Tukul. Tapi jangan salah, warung makan ini tak ada kaitannya
dengan pelawak Tukul Arwana. Berada di Jalan tebet utara, Jakarta selatan.
Warung makan ini adalah cabang dari Bakul Tukul yang berpusat di Jalan
Boulevard Raya Blok H 4 No 1, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Mengusung kuliner
Tanah Pasundan, Bakul Tukul menghadirkan aneka macam menu khas Bumi Priangan,
seperti sayur asem, aneka ikan bakar, ayam bakar, dan aneka pepes. Terdengar
sederhana memang, tetapi ada satu hal unik di warung makan ini yaitu Anda bisa
menambah nasi sepuasnya tanpa harus merogoh kocek lagi.
Lantas
menapa dinamakan Bakul Tukul? Meski tak tahu persis ceritanya, Manajer
Operasional Bakul Tukul Tebet, Pak Prabowo, mengatakan nama Bakul Tukul yang
berasal dari bahasa Jawa ini “bakul” yakni tempat nasi dan “tukul” yaitu
tumbuh/berkembang, jika digabungkan berarti wadah nasi yang berkembang. Meurut
narasumber, brand merupakan hal yang
penting pula. Dalam menentukan brand suatu
produk, haruslah yang mudah diingat dan menarik pelanggan.
"Kan
tukul dalam bahasa Jawa berarti berkembang, yang jelasnya harga di sini ngga
mukul dan satu lagi kami tidak ada kaitanya dengan pelawak Tukul ya,"
tuturnya.
Bentuk
warung ini pun sangat khas warung makan Sunda pada umumnya. Dengan bentuk saung
yang luasnya sekitar 20 m x 10 m, warung ini mampu menampung sekitar 150 hingga
200 pengunjung.
Ini
lantaran ada 15 meja yang disediakan di lantai bawah dan 12 meja di lantai
atas. Lampu gantung bertutup seperti caping menambah kesan alami yang
dihadirkan warung ini. Apalagi sebagian besar ruang di warung ini terbuka
sehingga angin leluasa masuk.
Menu
yang ditawarkan memang identik dengan masakan sunda. Ada aneka ikan baik yang
dibakar maupun digoreng, seperti gurame, mujair, ikan mas, bawal, dan nila. Ada
juga menu wajib kuliner sunda seperti ayam bakar dan sayur asem.
Selain menu-menu tersebut masih banyak menu lain yang ditawarkan di warung ini seperti pepes ikan peda, pepes jamur, pepes tahu, perkedel jagung, sate udang goreng, cumi bakar, dan lain lain. Semua harga menu tersebut cukup terjangkau. Misalnya saja harga ayam goreng Rp 9.000, sayur asem Rp 3.000, ikan mas bakar Rp 13.000, ikan gurame bakar Rp 23.500, perkedel jagung Rp 2.500, pepes ikan peda Rp 6.000, dan masih banyak menu yang lain dengan harga yang tak jauh beda.
Khusus untuk nasi pengelola mematok satu porsi nasi untuk satu orang seharga Rp 4.000. Namun seperti diuraikan di atas, Anda tak perlu membayar lagi jika ingin menambah nasi sebanyak mungkin. Begitu juga dengan lalap dan sambal yang juga free alias gratis.
Selain menu-menu tersebut masih banyak menu lain yang ditawarkan di warung ini seperti pepes ikan peda, pepes jamur, pepes tahu, perkedel jagung, sate udang goreng, cumi bakar, dan lain lain. Semua harga menu tersebut cukup terjangkau. Misalnya saja harga ayam goreng Rp 9.000, sayur asem Rp 3.000, ikan mas bakar Rp 13.000, ikan gurame bakar Rp 23.500, perkedel jagung Rp 2.500, pepes ikan peda Rp 6.000, dan masih banyak menu yang lain dengan harga yang tak jauh beda.
Khusus untuk nasi pengelola mematok satu porsi nasi untuk satu orang seharga Rp 4.000. Namun seperti diuraikan di atas, Anda tak perlu membayar lagi jika ingin menambah nasi sebanyak mungkin. Begitu juga dengan lalap dan sambal yang juga free alias gratis.
Warung
yang dibuka sejak tujuh bulan lalu ini beroperasi mulai pukul 10.00 hingga
pukul 22.00, khusus weekend jam tutup mundur satu jam atau jam 23.00.
Pelanggan yang ingin mengadakan acara-acara khusus seperti arisan, ulang tahun, atau rapat bisa menyewa tempat di warung ini. Khusus lantai atas jika sudah ada pelanggan yang memesan untuk rapat maka akan ditutup sementara.
Pelanggan yang ingin mengadakan acara-acara khusus seperti arisan, ulang tahun, atau rapat bisa menyewa tempat di warung ini. Khusus lantai atas jika sudah ada pelanggan yang memesan untuk rapat maka akan ditutup sementara.
Baku Tukul juga memgang teguh
pepatah “Pelanggan adalah Raja”. Pepatah yang pada akhirnya menjadi pedoman
bagi bakul tukul untuk selalu memperbaiki kepuasan pelanggan.
Terkait kepuasan pelanggan.
Narasumber mengatakan bahwa ada beberapa tanggapan, di antaranya, filosofinya seperti ini “Makanan yang enak
tetapi pelayanan tidak memuaskan” atau “Makanan tidak enak, rasanya biasa-biasa
saja tetapi pelayanan memuaskan”. Namun semua itu dikembalikan lagi kepada
pelanggan masing-masing.
Pak
bowo selaku general manager dari rumah makan bakul tukul, berpendapat
bahwa dalam memulai usaha sebaiknya calon entrepreneur membutuhkan 99%
semnagat, karena 1% nya hanyalah bakat.
Kita
mengenal yaitu marketing mix atau bauran pasar, teori itu yang sampai sekarang
kami pegang. Kita semua tahu dalam marketing mix ada beberapa hal yang sangat
penting dalam memasarkan produk, dalam hal ini makanan. Ada yang namanya Product,
People, Place, People, dan Costumer Behavior. Ketiga faktor tersebut
jugalah yang mendorong kepuasan pelanggan. Ada beberapa hal lagi faktor yang
mendorong kepuasan pelanggan yaitu Harga, Kepuasan Pelayanan, dan Kualitas
Produk.
1.
Place
Beliau pernah punya pengalaman, dulu sebelum merintis bakul
tukul, beliau pernah membuka usaha makanan juga di food court tepatnya di ITC
Cempaka Mas. Namun, restorannya sepi pelanggan. Ternyata setelah dia analisis,
dia salah dalam memilih tempat. Alhasil Ia pun merugi. Tempat yang ia pakai
untuk berwirausaha tidak strategis, padahal makanan yang ia jual jauh lebih
enak dibanding toko makanan di sebelahnya.
Menurut pak bowo Place berkaitan dengan segmentasi
pasar. Bila dikaitkan dengan marketing research, kita bisa mengetahui besar
pasar, kita lihat banyaknya konsumen dan berapa banyak yang akan membeli. Lihat
pula daya beli konsumen, bakul tukul sendiri menurut pak bowo telah menjual
barang dengan harga terjangkau dan dilihat pula lokasi (place) apakah di
tempat kita berwirausaha terdapat perumahan kah? Sekolah? Atau Perkantoran kah?
Itulah yang dapat mempengaruhi omset dari sebuah usaha.
Tempat merupakan factor utama, keberadaan tempat usaha
haruslah di daerah yang lalu lalu lalang orangnya ramai, sehingga dapat menarik
pengunjung lebih bnayak.
2.
Price
Dalam memperoleh keuntungan, narasumber mengatakan bahwa lebih
baik untung sedikit tetapi quantitynya banyak, dalam arti pelanggan
tidak pernah habis, selalu berdatangan”. Maka dari itu bakul tukul mematok
harga yang relatif terjangkau bagi segmen pasar di daerah tersebut, dengan
keunggulan teh dan nasi dapat refill (isi ulang), ini merupakan suatu daya
tarik bagi pelanggan.
3.
Product
Produk yang ditawarkan amat beraneka ragam dan cocok dengan
lidah orang Indonesia, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.
4.
People
Dalam memilih pegawai, Pak Prabowo amat teliti, baginya
pegawai yang disiplin, cekatan dan ramah pada pelanggan akan dapat memajukan
Tempat makannya. Jika ada pegawai yang kurang mempuni, pilihan terakhirnya
adalah dikeluarkan, dan digantikan dengan pegawai yang lebih kompeten.
5.
Perilaku Pelanggan
Pelanggan rumah makan Bakul Tukul amat senang bila dilayani
dengan baik dan ramah. Oleh karena itu narasumber kami menghimbau agar setiap
pegawainya bersikap baik kepada pelanggan yang datang, misalnya, menyapa atau
menghafal nama pelanggan.
Menurut
penuturan pak bowo sendiri, pada awal merintis usaha ini memang sangat sulit.
Yang paling sulit daripada memulai suatu usaha yaitu kita harus siap menerima
kerugian, modal kembali saja sudah bersyukur.
Untuk
menghemat cost yang dikeluarkan, menurut narasumber dapat dilakukan dengan
mengerjakan hal-hal yang kecil atau sekiranya masih dapat dikerjakan sendiri.
Seperti belanja bahan makanan, memilih barang-barang interior pada setiap
cabang, maupun merenovasi, semua masih diusahakannya sendiri, tidak melibatkan
orang luar atau perusahaan interior maupun bangunan.
*saya (tengah, hijab warna biru muda)
Sekian
hasil kunjungan kami terkait mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa, semoga dapat
bermanfaat bagi pembaca dan jadi pembelajaran bagi saya.
Terima kasih. Wassalamu'ailukum... ^^
Dewi Ariani Wahyuningrum
1445121190
Manajemen Pendidikan 2012 BDosen: Amril Muhammad
Tidak ada komentar:
Posting Komentar