MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN
Pertemuan Kedua.
Hari ini, Selasa, 11 Februari 2014 tepatnya pukul 11.20 WIB, pertemuan kedua kelas Manajemen Pemasaran yang selesai pukul 12.57 WIB. Berikut hasil resume perkuliahan hari ini.
Faktor yang Mempengaruhi Bisnis menjadi Sukses:
- Pelanggan (konsumen) harus jelas. Mentargetkan siapa saja yang akan menjadi pelanggan.
- Memiliki komitmen dalam memasarkan produk.
- Meyakinkan pelanggan, dan berdedikasi untuk memuaskan pelanggan.
- Motivasi dalam organisasi yang dapat meningkatkan nilai jual suatu produk.
- Apapun yang dilakukan, semua bertujuan untuk kepuasan tertinggi pelanggan.
Apa yang dimaksud dengan marketing?
Marketing adalah proses dan manajerial yang dilakukan oleh individu maupun kelompok untuk memperoleh apa yang dibutuhkan dan diinginkan dengan cara mengkreate dan penukaran produk dan nilai dan lain-lain.
Definisi Kebutuhan dan Keinginan
- Kebutuhan merupakan sesuatu yang harus dipenuhi dan sifatnya terbatas bila telah terpenuhi.
- Keinginan merupakan suatu pilihan, sifatnya tidak terbatas.
Pengertian Produk
Produk adalah sesuatu yang bisa ditawarkan ke pasar, untuk diperhatikan, diperoleh, digunakan, atau dikonsumsi yang dapat memuaskan keinginan dan kebutuhan, termasuk objek fisik, pelayanan, orang, tempat, lembaga (yang mengelolanya), maupun ide.
Produk terbagi menjadi 2, yaitu:
- Goods (tangibels), bisa dirasakan dengan panca indera. Contoh: barang.
- Services (intangibels), tidak bisa disentuh namun dapat dirasakan, dan biasanya memiliki standar tertentu. Contoh: jasa.
Konsep Marketing
- Value (nilai), nilai ini tidak selalu berupa angka.
- Satisfaction (kepuasan), baik memuaskan diri sendiri maupun orang lain.
- Quality (kualitas ini dibandingkan dengan orang lain/standar yang ada).
- Exchance (pertukaran, semacam timbal balik).
- Transaction (transaksi, yang pada akhirnya menghasilkan kesepakatan).
- Relationship (relasi, jaringan)
Filosofi Manajemen Pemasaran
- Product Concept, konsep ini lebih mengutamakan kepada produksi yang banya, sehingga harga produk di pasaran rendah.
- Product Concept, konsep ini lebih mengutamakan kualitas produk yang dihasilkan. Produk ini bersifat eksklusif dan harga produk tinggi.
- Selling Concept, konsep pemasaran ini lebih menekankan kepada promosi yang terbilang agresif dalam mendapatkan pelanggan baik dengan iklan, personal selling, dan lain-lain.
- Marketing Concept, konsep ini terbilang lebih terkonsep dalam pemasarannya, banyak pula yang dipertimbangkan dalam menentukan harga, kemasan, dan lain-lain. Biasanya konsep ini dipergunakan untuk jangka panjang.
Dewi Ariani Wahyuningrum
- Societal Marketing Concept, konsep pemasaran yang dilakukan adalah dengan cara memberikan kebermanfaatan untuk orang banyak, bukan mengejar keuntungan semata. Contoh: gerakan mencuci tangan yang dipelopori oleh salah satu brand sabun terkemuka.
1445121190
Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan
Dosen: Amril Muhammad
Tidak ada komentar:
Posting Komentar